Sabtu, 26 Maret 2011

Setiap manusia sebagai Tokoh Utama dalam Filmnya

FILM , tentunya kita semua pernah menyakiskan sebuah film, entah itu film action ( laga), drama, komedi , fantasy, documenter taupun horor. di film tersebut kita dapat mengetahui beberapa karakter pemeran- pemeran film tersebut. banyak sekali karakter yang ada pada sebuah film. ada yang baik hati, jahat, pemalas, rajin, berwibawa dan lain sebagainya.

pada sebuah film tentu saja ada yang memerankan sebagai tokoh utama. tokoh utama ini yang di dalam kebanyakan film di perankan sebagai orang yang hebat ataupun mengagumkan karena si tokoh utama ini mungkin saja mempunyai beberapa keahlian ataupun kelebihan sehingga apa yang kita saksikan mengenai tokoh utama ini selalu mengundang decak kagum, tawa, senang, mungkin juga hal- hal lainnya menurut fantasy kita masing- masing. tidak jarang pula sang tokoh utama ini kadang membuat kita yang menyaksikan menjadi marah, kesal, sedih, sebal ketika sang tokoh utama ini bertindak atau mempunyai kelakuan yang tidak seharusnya ia lakukan sebagai figur tokoh utama yang baik ketika dalam salah satu adegannya ia harus memerankan hal kurang baik, hal ini yang mengundang emosi kita yang menyaksikan dan yang mendalami.



setelah film tersebut usai entah itu endingnya menyenangkan atau tidak, tentunya ada suatu rasa yang kita dapat pada saat itu, seperti tiba- tiba ingin mempunyai sebuah karakter dari sang tokoh utama tadi karena kita menganggap itu suatu yang luar biasa atau menyenangkan sehingga akhirnya kita mengagumi tokoh utama tersebut.

pada kenyataannya dan kita sadari bahwa di luar film tersebut sang aktor adalah manusia yang sama seperti kita, ia hidup, berfikir, serta bisa bertingkah laku. ia menjalani hari- harinya sebagai dirinya sendiri. jika ia sukses memerankan sang tokoh utama tadi dan juga di berbagai film lainnya yang juga ia perankan, mungkin saja tanggapan masyarakat bahkan mungkin saja diri kita sendiri beranggapan ia hidup dengan mempunyai sikap atau sifat yang sama seperti halnya yang ia lakukan di dalam film yang ia perankan. inilah bukti dari suksesnya aktor tersebut membawakan peran di filmnya. hal yang sebaliknya mungkin saja terjadi, ia mempunyai sikap dan watak yang bertolak belakang dari peran yang dimainkan. dan jika kita mengetahui itu, alhasil rasa kagum kita berubah menjadi rasa acuh dan kecewa terhadap sang aktor tersebut.

dari ilustrasi yang saya ceritakan di atas, saya kemudian tersadar bahwa setiap orang mempunyai cerita akan perjalanan hidupnya entah itu menyenangkan atau tidak, ya seperti halnya sebuah film. dan setiap orang pasti mempunyai karakter dan sifat yang berbeda. saya beranggapan bahwa setiap manusia adalah Aktor utama dalam Filmnya masing-masing. Mau berwatak, bersikap, bersifat baik atau buruk Manusia itu sendiri yang menentukan. Jalani hidup ini anggap seperti memainkan sebuah Aktor dalam film. maka kita akan tau bagaimana semestinya kita bersikap, dan kita bisa menilai diri kita sendiri.. apakah sudah bagus atau belum peran yang kita mainkan itu, jika belum bagus kita sendiri yang dapat dan dengan cara bagaimana merubah itu.



-ongko Prasetyo- 26 Maret 2011

( masih belom kelar di simpen dlu takut2 terjadi sesuatu yang tidak di inginkan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar